H. AGUM GUEMELAR JENDRAL BINTANG EMPAT

PUTRA ASLI KUNINGAN

agum.jpg

 

Menurut silsilah Agum gumelar,yang berdarah Kuningan ternyata mempunyai keturunan darah biru dari bangsawan kerajaan Mataram juga mempunyai kaitan emosional dengann Sunan Kudus.

Cerita ini dituturkan oleh sepupunya Agum Gumelar ,Uhen yang berdomisili di Lebakwangi .Trah Agum Gumelar,tidak terduga sebelumnya oleh khalayak bahwa dirinya masih mempunyai darah biru.

Kebanggaan bagi masyarakat kuningan pun bertambah meski Agum gumelar beraktekan kelahiran Tasikmalaya tapi memang ia pituin orang kuningan .Jika Sekarang menjadi panutan atau publik Pigur masyarakat sunda.

Mbah buyut Agum Gumelar bernama KI Ageng Suradipa atau disebut Bapak Gede merupakan Cucu dari Sunan Kudus.Sunan Kudus sudah diketahui masyarakat Indonesia .beliau adalah wali yang menyebarkan Agama Islam ditatar jawa bersama Wali Sanga lainya.

Ki ageung Suradipa menikah dengan Anaknya Wirananggapati yang merupakan keturunan Raja mataram.Hasil Perkawinan Ini melahirkan Anak diantaranya Raksamanggala.Tempat Tinggal Ki Ageung Suradipa dan Anaknya Wirananggapati tidak diperoleh ketrangan.

tetapi keturunannya Raksa-manggala keberadaanya dapat ditelusuri didaerah Subang ( Kecamatan Subang –Red ).

 

Keberadaan Raksamanggala secara Tiba-tiba bumen-bumen didaerah subang merupakan Catatan tersendiri.

 

Jika kita memasuki wilayah kebatinan kasundaan jaman dahulu .maka keberadaab Raksamanggala didaerah subang dapat dipahami bahwa pada jaman kerajaan sunda setelah pergantian antara sri baduga maharaja Raja Agung Prabu siliwangi menyerahkan tahtanya Kepada keturunannya ,ter-jadi perebutan kekuasaan.Perebutan Kekuasaan ini dimanfaatkan oleh oleh kerajaan Mataram untuk menguasai daerah Pasundan ,Saat Pasundan di-kuasai mataram itulah terjadi mig-rasi (perpindahan) Pendu-duk.Ini kemungkinan perta-ma .

Kemungkinan Keduanya adalah adalah sewaktu raja galuh Kerajaan-galuh masih berdiri selalu melakukan hubungan dagang dengan pihak kerajaan yang ada di timur.

Sehingga terbentuk lintas perdagangan antara jawa dengan Galuh .Lintas perdagangan ini ialah cibingbin ,Ciwaru dan Subang .Lintas perdagangan ini dapat juga membuat raksa-manggala merasa kerasan tinggal di subang yang memang mempunyai putra diantaranya Ismail Raksasantika.Ismail Raksas-santika menikah dengan Ibu Rawi yang berasal dari Desa Cipakem Lebakwangi dan tinggal di Subang .dari pernikahan ini melahirkan keturunan diantaranya H.Mu-ksin Suriasantika.Muksin Su-ria santika menikah dengan Hj.Tien R asal Bandung.

Dari pernikahan itu melahirkan Anak sembilan ,sedangkan Agum Gumelar merupakan anak kedua .kelahiran agum berada diTasikmalaya ,ketika Muksin surasantika menjabat sebagai kepala statsion di Tasikmalaya.

Kepedulian Muksin Suria santika terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa dan negara sangat tinggi ,ketika pasukan Siliwangi melakukan long Marc ke Yogyakarta karena ibu kota indonesia indonesia pada waktu itu pindah ke Jogja rumah kediamanya direlakan untuk basis pasukan Siliwangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: